Cara yang populer saat ini adalah menjual kue, bagaimana memulainya

Tidak hanya sekedar mengakses informasi dan hiburan, internet kini telah digunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan, termasuk sebagai sarana memasarkan produk yang kita miliki, salah satu yang kini tengah populer adalah menjual kue.

Memang agak terdengar aneh dan beresiko, mengingat kue merupakan salah satu produk makanan yang rawan basi, atau rusak karena guncangan selama pengiriman. Namun bukan hal yang mustahil juga untuk dilakukan, mengingat saat ini sudah banyak jasa ekspedisi yang siap menanganinya.

Tertarik untuk mencoba menjajal legitnya bisnis kue secara online? Yuk kita simak beberapa trik canggih berikut ini.

Pilih Jenis Produk Yang Paling Sesuai

Secara umum kue terbagi dalam dua jenis, kue kering dan basah. Jangan khawatir, keduanya bisa dipasarkan secara online dengan trik dan perlakukan yang berbeda. Terutama untuk kue basah yang memang sangat rentan rusak atau basi jika tidak dikonsumsi dalam jangka waktu 24 jam.

Dengan kata lain, di sini kamu harus memilih jenis kue basah yang lebih tahan lama, seperti cake dan lainnya. Sementara untuk kue basah yang usia simpannya sangat pendek, seperti beberapa jenis jajanan pasar, sebaiknya dijual untuk pengiriman lokal saja. 

Untuk kue kering, umumnya jenis kue ini bisa disimpan dalam waktu yang lama. Namun kamu harus memperhatikan kemasannya. Hal ini dilakukan untuk mencegah tekstur kue yang berubah dan cita rasanya yang akan berubah atau ‘melempem’.

Wajib Perhatikan Kemasan

Selain untuk menjaga cita rasa dari kue yang kamu jual, pengemasan jadi hal yang penting untuk meningkatkan brand produk yang kamu tawarkan. Kemasan ini pun harus disesuaikan dengan jenis kue yang kamu tawarkan.

Misalnya untuk kue basah, kamu bisa menggemaskan dalam kardus khusus kue. khusus untuk pengiriman jarak jauh, kamu bisa mempertimbangkan kemasan yang lebih tahan lama, dan kuat terhadap guncangan. Misalnya besek bambu untuk pengiriman luar kota.

Untuk kue kering, sebaiknya dikemas dalam plastik khusus yang kedap udara. Tidak masalah jika kamu ingin menambahkan kardus sebagai kemasan luar. Namun yang terpenting adalah kemasan dalamnya yang harus rapi dan menjamin kualitas kue tetap terjaga.

Tambahkan Alat Makan untuk Kue Basah

Sebagai nilai tambah, sebaiknya sertakan juga alat makan khusus yang bisa digunakan pelanggan untuk menyantap kue basah yang kamu jual. Misalnya dengan menambahkan sendok atau garpu khusus untuk menyantap kue basah, atau pisau plastik khusus untuk cake.

Tapi ingat, tetap perhatikan kualitasnya. Pilih alat makan tambahan yang tidak mudah patah dan punya bentuk yang menarik. Jika memungkinkan, kamu bisa menambahkan desain khusus dengan mencetak merek dagangan agar mereka selalu ingat dengan produk yang kamu tawarkan.

Selain itu, kamu pun bisa menambahkan dua atau tiga lembar tisu yang dikemas dengan maksimal. Percaya deh, fasilitas tambahan ini akan sangat berguna bagi pelanggan, sekaligus memberikan nilai tambah dari produk yang kamu jual.

Berikan Paket Pembelian

Selain dengan menawarkan secara satuan, kamu bisa menawarkan produk yang kamu jual secara paket. Misalnya, kamu menyediakan paket kue basah untuk acara ‘selamatan’, paket hari raya, atau momen spesial lainnya. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan pelanggan.

Selain akan mendatangkan keuntungan besar lewat volume penjualan, pelanggan pun akan senang karena kamu bisa memberikan pelayanan yang lebih maksimal. Jangan lupa, berikan harga khusus untuk pembelian dalam jumlah banyak.

Selain itu, pertimbangkan juga untuk menyediakan kemasan seasonal untuk perayaan tertentu, baik melayani kemasan custom sesuai dengan kebutuhan pelanggan, atau untuk momen-momen tertentu seperti Idul Fitri, perayaan Natal dan lainnya.

Jangan Bikin Pelanggan Menunggu

Yang namanya pelanggan, tentu mereka ingin produk yang kamu tawarkan bisa dicicipi saat selera makannya masih tinggi. Jika sudah terlewat, biasanya selera itu akan hilang dan rasa kue yang lezat pun seolah tidak berguna lagi.

Makanya, ketimbang mendapat review jelek, pastikan kamu tidak membuat pelanggan menunggu. Jika perlu, satu pesanan langsung antar. Lebih cepat produk tersebut sampai ke pelanggan, makin puas mereka dengan pelayananmu, dan potensi repeat order pun akan meningkat.

Maka dari itu, pilihlah jasa ekspedisi terbaik, yang mampu membantu kamu menjaga kepercayaan pelanggan. Untuk pengiriman dalam kota, kamu bisa kirimkan sendiri, atau bisa juga merekrut karyawan khusus yang bertugas untuk mengantarkan pesanan. Selamat berbisnis!

Scroll to Top